Privilege

privilege
ˈprɪvɪlɪdʒ
a special right, advantage, or immunity granted or available only to a particular person or group.

Setelah seminggu ribut-ribut soal ‘pribumi’ di belahan bumi Jakarta, otak gue yang kusut sama tugas jadi makin kusut liat apa yang sedang terjadi di Jakarta. Ketika di Australia lagi ribut-ribut soal issue energi dan marriage equality,  di Indonesia ngeributin hal-hal seperti ‘bahaya laten komunis‘, ‘pribumi‘, etc. Apalagi kalau udah diskusi sama temen WN Australia dan membandingkan politik yang terjadi di antara Indonesia dan Australia, makin runyam dan mengutuk kenapa perdebatan politik dan yang menjadi perhatian publik di Indonesia enggak substantif. Di situ lah gue sadar kalau membandingkan antara kedua negara tersebut tidak adil karena memiliki privilege yang berbeda.

Sebagai minority yang tinggal di Australia untuk kuliah, ada banyak hal yang membuat gue sadar kalau ada hal-hal yang tidak bisa taken for granted. Karena ketika gue kembali ke Indonesia, gue masuk ke kelompok-kelompok dengan ‘advantage’ dan ‘privilege’ nya. Di Indonesia sendiri, gue memiliki ‘privilege’ karena keturunan Jawa, lahir besar di ibu kota, beragama Islam, mengenyam pendidikan hingga S1, dan bisa berbahasa asing. Menjadi bagian dari kelompok mayoritas di suatu tempat itu sudah menjadi sebuah privilege sendiri. Ada banyak kemudahan-kemudahan yang gue dapatkan karena privilege tersebut, seperti koneksi dengan orang-orang yang tepat, informasi terbatas pada kelompok tertentu, dan banyak hal lainnya. Hingga akhirnya saya bisa mendapatkan kesempatan untuk kuliah S2 di Australia, menurut saya salah satu faktor yang mendukung karena saya memiliki privilege tersebut. Memang, kita tidak boleh melupakan hal-hal lain seperti dedikasi dan komitmen yang juga membantu faktor penting. Tapi saya memulai dari garis start yang berbeda. Saya harus mensyukuri karena orang tua saya memberikan privilege dan kesempatan untuk mengenyam pendidikan di salah satu sekolah terbaik di Jakarta dan mengijinkan saya mengejar mimpi saya (yes, bagi perempuan di Indonesia mendapatkan ‘ijin’ untuk mengejar mimpi adalah sebuah privilege. Do you realise that many woman can’t pursue their dream because ada yang disuruh menikah cepat dan berkeluarga? Ijin mengejar mimpi dari orang tua adalah privilege bagi saya).

Ketika sampai di Australia, saya pun mendapatkan privilege tersendiri. Mendapatkan kesempatan kuliah di salah satu Universitas terbaik, hidup berkecukupan, akses pendidikan dan informasi yang tidak terbatas, lingkungan akademis untuk networking di masa depan dan banyak hal lainnya. Saya sadar masih banyak orang yang tidak memiliki kesempatan yang sama disini. Contoh ekstrem-nya adalah homeless people. Contoh tidak ekstrem adalah teman-teman sekelas saya yang kuliah dengan biaya sendiri sehingga harus juggling antara kuliah dan kerja.

However, mereka (terutama yang WN Australia) juga memiliki privilege tersendiri yang sejujurnya bikin saya iri. Kebebasan berpendapat, appresiasi dan respect atas pilihan hidup yang dipilih, udara yang bersih, ketertiban masyarakat umum, etc. Apalagi kalau mereka bagian dari dinasti keluarga akademis/politik, when you get all access of knowledge and not to mention lively discussion/argument with parents over social/politic issue. Sedikit banyak saya pun merasakan privilege tersebut karena mengenal orang yang memiliki privilege tersebut (and I do love the discussion over many many things between us).

Dan memiliki privilege lantas tidak membuat saya menjadi lebih baik dibandingkan orang lain. Justru dengan memiliki privilege lebih ini membuat saya menjadi lebih bertanggung jawab untuk membantu mereka yang tidak memiliki privilege tersebut. Different privileges exist because everyone has different opportunity. Having more opportunity than other people should not be taken for granted. PR untuk Indonesia masih banyak untuk bisa mencapai level ‘maturity’ seperti Australia atau negara maju lainnya. But, that should be our (people with privilege) job to achieve the ‘maturity’ level that we hope.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s